Sabtu, 08 Januari 2011

Cerdas Keempat : Cerdas Linguistik

        Kecerdasan Linguistik atau kecerdasan bahasa pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Howard Gardner melalui teorinya yang dikenal dengan "Kecerdasan Majemuk", kemudian dikembangkan oleh beberapa ahli yang lain dengan berbagai tinjauan dan pendekatan, seperti Dr. Thomas Amstrong.

         Jika dihubungkan dengan otak, maka kecerdasan berbahasa ini bersumber dari suatu bagan otak yang yaitu "lobus temporal kiri dan lobus bagian depan". Cara kerja kecerdasan bahasa ini diwujudkan dalam bentuk kata - kata.

        Orang dengan kecerdasan linguistik atau bahasa ini, biasanya memiliki kegemaran membaca, menulis, bercerita, juga bermain kata - kata baik secara lisan maupun tulisan.

Berikut ini merupakan cara - cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan berbahasa :

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS
Meningkatkan kemampuan menulis dengan menegakkan prinsip - prinsip bahwa kita yakin bisa menulis dan jangan berkecil hati.



MAMPU BERCERITA DENGAN BAIK
Seseorang dengan kecerdasan berbahasa, tidak hanyabisa menyampaikan cerita dengan baik dan lengkap, tetapi kata - katanya tersusun dengan rapi, kalimat - kalimat yang disampaikan indah sehingga membuat orang yang mendengarkan terbawa emosi dan hanyut dalam ceritanya.





SUKA MEMBACA BUKU
Tidak hanya orang dengan kecerdasan intelektual yang suka membaca buku. Tetapiorang dengan kecerdasan bahasa juga suka membaca buku, bahkan menjadikannya sebagai tuntutan yang wajib dipenuhi.



Sumber  :  Menjadi Remaja Cerdas, Drs. H. M. Rusli Amin, MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar